Dasar membuat form di MS Access

Assalamuailakum.. teman teman semua
Kali ini kita mempelajari mengenai Dasar membuat Form di MS Access, Mungkin kawan semua sudah sering mendengar MS Access atau sering melihat saat membuka menu Microsoft Office.

Pertama sekali untuk membuat form di access tentu nya kita perlu membuat yaitu tabel tabel yang gunakan untuk ditampilkan dalam bentuk form.


Untuk membuat tabel masukkan Data kedalam field - field seperti gambar dibawah ini :

Pastikan kawan kawan sudah mengerti cara membuat tabel, sesudah kita membuat tabel isi bagian tabel semua seperti digambar hingga saat form selesai akan tampil apa yang telah kita isikan tersebut.


Berikut ini cara cara membuat form :
Langkah - langkah membuat Form pada Ms Acces ini menggunakan MS Access 2007 tapi kawan kawan todak perlu kuatir jika Versi MS Access nya bukan 2007 karena Hampir sama dengan MS Access yang sekarang, jadi tidak masalah kawan kawan jika menggunakan MS office yang versi lain.

* Klik salah satu tabel yang akan ditampilkan dari      navigation pane misalnya table transaksi
* Klik menu Create setelah itu Klik form seperti gambar disamping ini
Setelah kita selesai maka akan tampil tampilan form nya seperti gambar di bawah ini :
Tampilan form disamping adalah hasil dari Tabel yang sudah kita buat tadi yaitu di  Transaksi nya, jadi jika kita ingin menampilkan form yang bagus maka kita perlu mendesign  tampilan sesuai keinginan kita dengan cara memilih fasilitas design view yang mana fasilitas ini untuk membuat rancangan dasar dari form seperti menentukan field yang akan ditampilkan, dalam mendesign form juga ada nama nya layout view yaitu untuk menampilankan rancanagan form yang sudah dibuat dengan tidak merubaj hasil design yang ada berikut tampilan tool nya :


Tetapi isi data yang ditampilkan tidak dapat dirubah hanya dapat dilakukan format data untuk merubah jenis huruf,warna seperti tertera pada menu format dan layout ini masih dalam tataran membuat form.

Setelah selesai kita merancang form maka kita jalankan dengan menggunakan form view.
Kita dapat melihat data yang telah disikan kemudia data tersebut bisa di edit dengan menggunakan menu yang sudah kita buat
Berikut ini tampilan form design :











Berikut menu Control untuk membuat objek pada Form


















Demikian kawan selamat belajar...
Share this article :

Post a Comment

 
Support : | |
© TEKNOLOGI INFORMASI